Notification

×

Iklan

Iklan

Pengurus DPP GAAS Pada Hari Ke-21 Ramadhan Berdoa

Senin, 03 Mei 2021 | Mei 03, 2021 WIB Last Updated 2021-05-03T09:02:30Z

 


GAAS INDONESIA.ID  Beberapa orang Pengurus DPP GAAS mendoakan dan memohon kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa Di Bulan Suci Ramadhan yang penuh dengan Berkah, Rahmat dan Ampunan ini di hari yang Ke-21 Ramadhan.
“Ya Allah Jadikanlah untukku padanya (hari ini) satu petunjuk jalan kearah keridoan-Mu, dan janganlah Engkau beri jalan kepada syaiton untuk menguasaiku, serta jadikanlah syurga bagiku sebagai tempat tinggal untuk istirahat, wahai Penunai keperluan orang yang meminta.”


Mengapa bulan Ramadhan menjadi bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia? Dan ada apa dengan malam Lailatulkadar? Yang pasti, Ramadhan adalah bulan penuh berkah, rahmat dan maghfiroh (ampunan), seperti disebutkan pada firman Allah SWT di dalam kitab suci Al-Quran.
Sesuai firman Allah SWT di dalam Al-Quran yang berbunyi: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu menjadi orang-orang bertaqwa.” (Surat Al-Baqarah: 183). Menyitir dari ayat tersebut maka jelaslah Allah SWT menegaskan bahwa puasa merupakan wajib hukumnya, seperti tertuang dalam Rukun Islam. Dan dalam ayat ini Allah SWT hanya menyeru kepada orang-orang yang beriman, dalam artian bagi mereka yang mengerti akan makna puasa Ramadhan dan hikmah di baliknya.



Namun demikian, wajar bila ibadah puasa dikatakan bukanlah ibadah yang ringan. Pasalnya, dalam puasa kita dituntut dua aspek, yakni aspek fisik dan psikis. Secara fisik kita dituntut menahan rasa haus dahaga dan lapar, dan secara psikis puasa melatih kita untuk berupaya sabar, menahan emosi, selalu berbuat dan berkata jujur, berperilaku sopan dan santun, selalu berbuat kebaikan, menjauhi yang dilarang Allah seperti tidak mencuri, berbohong, apalagi berbuat korupsi!
Itu sebabnya, kehadiran bulan Ramadhan hanyalah “menyapa” orang-orang yang salih, beriman dan bertaqwa. Artinya, tidak semua umat mampu menjalankan ritual ini kecuali muslim yang selalu taat dan istiqomah, mendekatkan diri pada Sang Khaliq.


Tentang mengapa tidak semua umat manusia di dunia mampu melaksanakan ibadah ini, oleh karena puasa atau shaum menuntut berbagai hal kepada setiap individu, baik kekuatan fisik dan kesiapan psikis untuk selalu menahan hawa nafsu seharian penuh selama sebulan penuh.


Juga pada bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 M ini, Pengurus DPP GAAS selalu mengingatkan untuk terus menjalin tali silaturahmi, dan selalu Peduli juga terus Berbagi. Karena apapun perbuatan baik kita pada bulan suci ini, maka itu semua adalah suatu ibadah kita, yang semua Pahalanya akan dilipatgandakan. Aamiin….

(Penulis : Rudy Silfa, SH)


×
Berita Terbaru Update