Notification

×

Iklan

Iklan

Mayor Ckm (Purn) Wayan Supadno/Pak Tani Narasumber _Prajurit Entrepreneur Talk_ Diminta Berkisah Apa Adanya

Minggu, 07 Agustus 2022 | Agustus 07, 2022 WIB Last Updated 2022-08-07T01:08:22Z


 


_Empiris_

*Kuncinya Bisa Dipercaya dan Kiat Bangkit dari Bangkrut*

(Wayan Supadno.)



Sentul - Presiden Joko Widodo,  5 Agustus 2022 di Sentul International Convention Center (SICC) membuka dan memberikan pengarahan pada acara Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD). Dihadiri banyak Tokoh Nasional termasuk Bapak Jenderal Try Sutrisno.


Acara yang dihadiri oleh 8.600 an anggota PPAD terbanyak di dunia, hingga dapat Piagam Muri yang diserahkan oleh Bapak Jaya Suprana dan diterima oleh Ketum PPAD Letjen (Purn) Doni Monardo. Makin menambah antusias suasana penuh makna syukur, khidmat dan akrab.


Puluhan stan perusahaan mitra bina masyarakat bersama PPAD, dari " _Prajurit Entrepreneur_ " Kopka (Purn) H. Haryanto PO Bus Haryanto, Peltu (Purn) Tommy Sanger Litha Group Energi dan Mayor Ckm (Purn) Wayan Supadno/Pak Tani (PT Bina Jaya Abadi).


Pada sesi " _Prajurit Entrepreneur Talk_ " 3 narasumber diminta berkisah apa adanya dengan panduan Mbak Tysa dari TV One, cerdas yang pertanyaannya menukik pada sasarannya. Saat bertanya ke saya sebagai narasumber ;


_l. Saat mau jadi pengusaha berapa puluh juta dana yang harus disiapkan terlebih dulu untuk modal awal usaha dan bagaimana kiat - kiatnya ?_


Pengalaman saya, mengawali usaha tanpa modal. Tahun 1995 utang Primkopad Rindam I/BB Pematang Siantar Sumut Rp 700.000. Untuk ucapan terima kasih ke dokter obgyn anak lahir Rp 200.000. Beli Vespa Kongo 1964 Rp 400.000. Modal usaha Rp 100.000.


Kiatnya, bermental berani mengawali dan selalu membekali intelektualitas diri. Agar dipercaya. Prinsip pengusaha, tidak punya otak pintar memakai otak pintar milik orang lain, tidak punya modal banyak memakai modal orang lain, tidak punya dengkul memakai dengkul orang lain. Dengan _Leadership_.


_II. Saat bangkrut Rp 38 miliar tahun 2008, bagaimana kiat mengatasinya lalu bisa kembali bangkit lagi seperti saat ini ?_


Gagal, rugi, ketipu dan bangkrut adalah dinamika  hidup. Bagai ada siang dan malam. Semua ada manfaat ilmu hikmahnya. Pembelajaran bahan untuk menyempurnakan langkah berikutnya. Misal lebih hati - hati mengontrol _cashflow_ atau memilih mitra usaha. Tiada sukses tanpa proses.


Kiat bangkit dari bangkrut ;


1. Kuasai diri, sebelum menguasai lainnya harus dirinya sendiri dikendalikan. Jangan stres, sakit apalagi lari dari kenyataan bunuh diri atau minggat misalnya. Dengan tenang, niscaya terang.


2. Cinta pekat kepada Tuhan, sumber kekuatan dan ibaratnya tempat berkubang agar adem. Bukan justru menyalahkan. Apapun bisa sekejap terjadi jika Tuhan berkehendak, termasuk bangkrut atau bangkit.


3. Konsolidasi bisnis, artinya hitung ulang total kekuatan moril materiil. Keluarga, staf tim pemikir dan aset harta. Agar tahu masih ada sisa atau sudah habis minus.


4. Buat strategi bisnis baru, artinya tiada guna meratapi berlarut jiwa ikut bangkrut. Segera bergegas tampil mempesona jadi bangkit lagi karena terpercaya. Kembalikan " merk perorangan/nama baik ".


5. Pintar - pintar menempatkan diri dengan para orang pintar, pandai mengelola para orang pandai. Artinya aset termahal adalah tim pemikir bisa dipercaya. Bukan harta bisnis. Menjabarkan _leadership_ di lapangan.






Salam 🇲🇨

Wayan Supadno

Pak Tani


×
Berita Terbaru Update