Notification

×

Iklan

Iklan

Diskominfo Kenalkan Inovasi Silang untuk mendukung Kegiatan Magang di Instansi

Jumat, 16 September 2022 | September 16, 2022 WIB Last Updated 2022-09-15T23:30:03Z

   




GAASINDONESIA.COM| Sampang, Berdasarkan data Kemendikbud RI, Kabupaten Sampang saat ini memiliki 84 Sekolah Menengah Kejuruan yang tersebar di seluruh kecamatan. Untuk merealisasikan misi pertama Kabupaten Sampang “Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Berdaya Saing” dibutuhkan lulusan yang dapat bersaing di dunia kerja sehingga siswa dan siswi SMK membutuhkan kemampuan yang didapat dari proses Praktek Kerja Lapangan (PKL). 


Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang merupakan bagian dari pelaksanaan program pembelajaran khusus pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang di suatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun di dunia industri ataupun kantor pemerintahan setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya.


Selama ini, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sampang memberikan kesempatan untuk siswa melakukan PKL atau magang namun dalam melakukan monitoring kegiatan kerja siswa atau mahasiswa masih belum digital atau masih manual sehingga guru sulit untuk memantau kegiatan atau tugas yang diberikan oleh pembimbing magang. Pembimbing magang juga kesulitan untuk melakukan monitoring peserta magang. Hal ini membutuhkan banyak waktu atau tidak efisien karena guru pemagang maupun pembimbing magang harus sering monitoring secara langsung ke tempat PKL.


Peluang digitalisasi dalam digitalisasi semua kegiatan yang berkaitan dengan layanan publik maupun administrasi sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dan telah ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Sampang Nomor 66 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sampang.

 

Kegiatan PKL/magang yang menjadi bagian kegiatan rutin di Dinas Kominfo tak luput juga menjadi sasaran digitalisasi layanan administrasi di Dinas Kominfo dengan penerapan teknologi informasi yang diwujudkan dalam inovasi “Sistem Informasi Laporan Magang (SILANG)”


Aplikasi Sistem Informasi Laporan Magang (SILANG) ini dibangun dengan mengunakan bahasa pemrograman PHP berbasis WEB yang dibuat semudah mungkin untuk penggunaannya baik itu bagi pendidik, peserta magang maupun bagi pembimbing. Untuk login ke aplikasi ini pengguna cukup menginput user dan password yang telah dibuat oleh Admin Silang kemudian Peserta magang bisa menggunakan fitur absen dan mengerjakan tugas.


Sedangkan Pendidik dan Pembimbing Magang bisa menggunakan fitur memberi tugas dan memberi nilai peserta magang. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu proses kegiatan kerja magang menjadi lebih efisien dan bermanfaat bagi siswa ataupun mahasiswa karena kegiatan atau tugas yang diberikan diluar sekolah atau kampus dapat dipantau oleh guru atau dosen. Untuk memudahkan guru atau dosen dari peserta magang untuk monitoring tugas yang diberikan oleh pembimbing magang, aplikasi ini memiliki rekapitulasi penilaian siswa atau mahasiswa magang. Rekapitulasi penilaian siswa atau mahasiswa magang juga dapat digunakan oleh Dinas Kominfo sebagai acuan untuk penerimaan siswa atau mahasiswa dari suatu calon siswa atau mahasiswa magang.


Inovasi Silang ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi peserta magang, tapi juga bagi pendidik maupun pembimbing magang. Silang sebagai salah satu inovasi Dinas Kominfo Sampang diharapkan menjadi salah satu bagian dari Perubahan Budaya Kerja sektor Pendidikan di Kabupaten Sampang yang Hebat dan Bermartabat.


Tim

×
Berita Terbaru Update