Jumat, 14 Oktober 2022

37 Calon Kades 9 Desa, Deklarasikan Pilkades Damai di Kecamatan Parit Tiga


 




Bangka Belitung– Sebanyak 37 Calon Kepala Desa (Kades) yang akan berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak mendeklarasikan bersama-sama untuk Pilkades Damai di Gedung Serbaguna Kecamatan Parit Tiga, Rabu sore, (12/10/2022). 


Sebelumnya, mereka telah resmi dinyatakan sebagai calon Kades dan mendapatkan nomor urut pemilihan.


Camat Parit Tiga Madirisa S.Pd., menjelaskan Desa sebagai otonomi asli punya peran strategis sehingga perlu perhatian serius. Dengan telah ditetapkannya calon kepala Desa sekaligus undian no urut calon kades 37 orang, 9 Desa di Kecamatan Parit Tiga maka untuk memahami tahapan selanjutnya untuk ciptakan iklim yang sejuk saat Pilkades perlu deklarasi damai ini.


" Maksud dan tujuan Deklarasi ini adalah untuk melaksanakan dan sukseskan Pilkades sesuai peraturan perundangan. Menciptakan, menjaga situasi yang tertib dan kondusif. Selain itu juga dapatnya dan disosialisasikan Deklarasi Pilkades Damai kepada seluruh pendukung dan simpatisan calon kades masing-masing,” ungkapnya.


Deklarasi Pilkades Damai ini juga dihadiri oleh Forkopimcam, KUA, tokoh agama, tokoh masyarakat, BPD, Linmas, Panitia Pengawas, Pj Kades, calon kades, dan undangan lainnya. Selain mengikrarkan komitmen Pilkades Damai, mereka juga mendatangani bersama komitmen tersebut.


Adapun 9 Desa yang melaksanakan Pilkades di Kecamatan Parit Tiga yaitu, Desa Bakit, Desa Semulut, Desa Kapit, Desa Telak, Desa Sekar Biru, Desa Puput, Desa Air Gantang dan Desa Teluk Limau.


Adapun calon Kepala Desa yang Bersaing di Desa Bakit sebanyak 5 Orang, Desa Semulut sebanyak 5 Orang, Desa Kapit sebanyak 3 Orang, Desa Telak sebanyak 2 Orang, Desa Sekar Biru sebanyak 5 Orang, Desa Puput sebanyak 5 Orang, Desa Air Gantang sebanyak 5 Orang, Desa Teluk Limau sebanyak 2 Orang.


Camat mengatakan atas nama Pemerintah Kecamatan Parit Tiga, Pribadi dan Forkopimcam mengucapkan selamat kepada bakal calon kades yang telah resmi menjadi calon kades. " Semoga senantiasa diberi kesehatan sehingga bisa mengikuti tahapan Pilkades sampai selesai dengan baik," katanya.


Pada kesempatan itu seluruh calon sengaja dikumpulkan guna melaksanakan ikrar damai secara seremonial, kegiatan ini dalam rangka agar semua calon kades menyamakan persepsi komitmen guna dukung Pilkades serentak jadi suatu ajang demokrasi yang bermartabat. Selain itu juga yang berintegritas, bebas kampanye hitam, hoax, isu SARA, ujaran kebencian, money politic dan sebagainya.


" Saya titip kepada bapak ibu calon kades agar bisa bangun situasi kondusif di wilayahnya Desa masing-masing di Pilkades Tahun 2022 ini. Saya titip juga agar bisa saling bersaing dengan sehat. Saling tonjolkan visi misi tunjukan bahwa wilayah Desanya mampu melaksanakan ajang demokrasi ini dengan baik," katanya.


Ia menambahkan bahwa beda pilihan adalah hal biasa, namun yang terpenting adalah tidak membuat saling bermusuhan terpecah belah, konflik, tentunya kalah menang suatu hal yang biasa. Ia memohon agar nantinya para calon kades bisa menerima dengan legowo lapang dada apapun hasil Pilkades sebab keputusan sudah diatur oleh yang di atas.


"Jangan sampai ada gesekan konflik oleh karenanya kami ingin ajak seluruh komponen masyarakat, stakeholder, se- kecamatan Parit Tiga bisa bergandeng tangan dan sukseskan Pilkades serentak di Tahun 2022 ini. Selamat berkontestasi semoga semangat persaudaraan semangat kekeluargaan bisa wujudkan Pilkades yang berintegritas, bermartabat, tertib aman dan kondusif," ungkapnya Madirisa. (Sunardi)