Kamis, 20 Oktober 2022

Prof.Dr.H.Paiman Raharjo. Menjadi.Narasumber Webinar yang bertema" Peran Perguruan Tinggi Entrepreneur Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Bangsa


 

Makassar- Sungguh fenomena yang mengharukan, seorang tukang sapu  memberikan modal usaha  bagi 4 mahasiswa  wirausaha Universitas Negeri Makasar.


Fenomena ini disambut hangat oleh Rektor UNM Prof.Dr.Ir.H.Husen Syam yang juga memberikan modal usaha buat mahasiswa yang ikut dalam kegiatan webinar kewirausahaan, sehingga total 5 mahasiswa yang mendapat modal usaha dengan bantuan sebesar Rp.12.500.000,-. 


Si tukang sapu yang bernama asli  Prof.Dr.H.Paiman Raharjo, Drs, S.E, S.H, M.M, M.Si yang kini menjadi miliarder dan Rektor Moestopo, hadir dalam undangan sebagai narasumber webinar yang bertema" Peran Perguruan Tinggi Entrepreneur Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Bangsa".


Dalam paparannya Paiman mengatakan, bahwa perguruan tinggi di samping melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga harus mencetak mahasiswa berjiwa entrepreneur, hal ini sejalan dengan program prioritas Dirjen Dikti Kemendikbud riset dan Teknologi yakni Program Mahasiwa Wirausaha (PMW). Oleh karena setiap Perguruan Tinggi harus memasukkan mata kuliah kewirausahaan dalam Kurikulum Pendidikan, " ujar Paiman.


Di kesempatan lain, Rektor Universitas Negeri Makasar Prof Dr.Ir.Husen Syam mengatakan bahwa,  kampus UNM merupakan kampus Entrepreneur yang sudah mencetak puluhan mahasiswa menjadi entrepreneur sukses. Hari ini saudara sangat beruntung karena berhadapan langsung dengan pelaku usaha sukses, saya dulu pernah mulai usaha  berjualan kacang yang kemudian dalam proses perjuangan usaha,jelasnya.



" Saya kini menjadi Rektor dan sukses sebagai pengusaha tambang. Tak beda jauh dengan perjalanan Prof.Dr.H.Paiman Raharjo  sahabat baik  saya yang gemar  menolong orang lain. Beliau mengawali kariernya menjadi tukang sapu, satpam, usaha percetakan, restoran nasi padang  dan lain -lain. Selanjutnya dalam proses perjuangan yang sangat panjang,  beliau hampir putus asa karena usahanya banyak yang gagal, namun karena kegigihannya kini beliau sukses menjadi miliarder dan Rektor" tambahnya.



" Beliau ini dapat dijadikan  notivasi dan inspirasi bagi generasi muda khususnya mahasiswa. Dalam paparan beliau ada kata kunci yang bisa kita ambil" bahwa orang sukses bukan hanya milik keturunan orang kaya, orang yang memiliki modal dan orang yang punya bakat, tetapi orang sukses adalah milik siapa saja yang mau bekerja keras, bekerja cerdas, pantang menyerah, berani mengambil resiko, jujur, disiplin, tanggung jawab, berdoa dan rajin bersedekah.Ini contoh yang langka, kalau orang miskin sukses diakhir perjuangannya itu banyak contohnya, tetapi seorang tukang sapu yang sukses menjadi Guru Besar dan Rektor itu sangat langka, apa lagi beliau banyak meraih berbagai prestasi dan penghargaan dari pemerintah, " Ungkapnya.


Mengakhiri percakapannya dengan Majalah CEO Group, Rektor UNM  berpesan agar para mahasiswa mengikuti semangat dan rekam jejak Prof Paiman dan saya selaku Rektor UNM menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang sudah 3 tahun bekerjasama menumbuhkan wirausaha di kalangan mahasiswa, dan tak lupa secara khusus kami sampaikan ucapan terimakasih kepada  Prof.Paiman Raharjo yang sudah memberikan modal usaha bagi 4 orang mahasiswa entrepreneur yang dirasakan sangat bermanfaat, tutup nya.(red).