Rabu, 30 November 2022

Ketua TP PKK Kab Sorong, Ny. Anie Mosso : Prioritas di Kabupaten Sorong Menurunkan atau Menekan Angka Stunting


 


 MEDIA CEO INDONESIA - Jakarta - Ketua TP PKK Kab Sorong, Ny. Anie Mosso. Mengatakan kepada awak  media, bahwa  mengapresiasi terselenggaranya acara Rapat Koordinasi Nasional Tim Penggerak PKK yang digelar di Jakarta, hari Senin, tanggal 28 November 2022.



“Saya ingin menyampaikan terkait program pokok PKK khususnya yang menjadi prioritas kami di Kabupaten Sorong yakni menurunkan atau menekan angka stunting. Saat ini Pemerintah pusat berupaya menurunkan angka stunting dengan menetapkan target angka prevalensi stunting nasional sebesar 14 % ditahun 2024.” jelas Anie.


“Sementara itu angka prevalensi stunting nasional tahun 2021 berdasarkan Survey Status Gizi Nasional (SSGI) sebesar 24,4%, untuk Provinsi Papua Barat sebesar 26,1% sedangkan Kabupaten Sorong sebesar 28,7%.” ujar Anie 


Menurut Anie, “Dalam penilaian kinerja penanganan stunting Kabupaten Sorong di tahun 2021 berada di peringkat ke 4, naik peringkatnya dari peringkat 7 di tahun 2020.”


Anie  menambahkan bahwa untuk tahun 2022 SSGI telah dilaksanakan dan tinggal menunggu hasil survey jumlah prevalensi stuntingnya. Sementara angka prevalensi stunting berdasarkan data EPPGBM tahun 2022 sebesar 17%.


“Kami dari tim penggerak PKK akan melakukan kerjasama dengan semua SKPD guna menekan angka tersebut, bahkan kami akan memberantas buta aksara agar dapat menciptakan kestabilan dalam pembangunan di Kabupaten Sorong.” tutup Anie.