Rabu, 21 Desember 2022

Jelang HUT satuan Ke-77, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Gelar Khitanan Massal Gratis Di Tanah Papua

Merauke | Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY melaksanakan kegiatan bhakti sosial dan sunatan massal dalam rangka menyambut HUT Ke-77 Yonif 511/DY. Dansatgas Pamtas Yonif 511/DY Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P., berkerjasama dengan Dompet Dhuafa melaksanakan Khitanan (sunat) massal secara Gratis untuk masyarakat di *Desa Sipias, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Papua Selatan.* Rabu (21/22/2022)

Dansatgas Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P.,  menyatakan bahwa " Bhakti sosial yang dilakukan meliputi sunatan massal dan pembagian sembako dalam meningkatkan kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat dalam rangka menyambut HUT Ke-77 Yonif 511/DY  yang akan diperingati pada tanggal 28 Desember 2022 mendatang. Terkait khitanan massal ini saya telah memerintahkan kepada Dokter Satgas Yonif 511/DY Letda Ckm dr. Muhammad Gufron Nusyirwan untuk berkoordinasi dengan tokoh-tokoh yang ada di kampung Sipias. Setelah berkoordinasi dengan Kepala Distrik dan Kepala Kampung setempat mengenai penyiapan tempat untuk pelaksanaan Khitan Massal tersebut dilaksanakan di Balai Kampung Sipias," jelas Dansatgas Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P.


Ia menambahkan, kegiatan ini disambut dengan begitu antusias oleh warga kampung setempat baik itu dari pendatang maupun warga asli papua (OAP), terlihat dari jumlah peserta yang banyak. Bukan saja hanya anak-anak, remaja dan orang dewasa pun ikut dalam kegiatan Khitanan massal ini," tambah Dasatgas.


Sementara itu, Kepala Distrik Elikobel Bapak H. Abdul Aziz menuturkan bahwa "kegiatan tersebut baru pertama kalinya diselenggarakan di Distrik Elikobel dan saya sangat takjub, sangat berterimakasih kepada Satgas Yonif 511/DY dan Dompet Dhuafa. Ini baru pertama kalinya terselenggaranya Khitan Gratis disini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas kebaikan ini," ucapnya.


Salah satu peserta atas nama  Ikwan Bastian (12) juga merasa sangat senang, karena dapat merasakan di khitan. "Saya sangat senang om, dari dulu saya ingin sekali di Khitan, tapi karena tidak ada biaya, Maka saya tunda. Tapi Om om TNI dari Yonif 511/DY datang dan mengkhitan saya, Gratis. Terimakasih banyak Om Tentara MANTAP! semoga kebaikan om Allah yang membalas," ucap Ikhwan.


Mengakhiri kegiatan, Letda Ckm dr. Muhammad Gufron Nusyirwan selaku Dokter dari Satgas Yonif 511/DY juga menuturkan bahwa "Satgas Yonif 511/DY bersama tim Dompet Dhuafa akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang ada di perbatasan Papua ini. Dimanapun dan kapanpun, apabila ada panggilan kami akan selalu siap dan sigap untuk melayani," tegasnya.