Rabu, 28 Desember 2022

LSM-LIRA Riau Dukung Himbauan Dari PJ. Walikota Pekanbaru Muflihun, Supaya Tidak Ada Konvoi Kendaraan Pada Malam Tahun Baru

Pekanbaru | Masyarakat Kota Pekanbaru diimbau tidak melakukan konvoi kendaraan pada momen malam pergantian tahun 2023. Apalagi sudah ada imbauan langsung dari Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal agar tidak menggelar konvoi kendaraan pada malam tahun baru 2023, ujar PJ Walikota Pekanbaru Muflihun, Selasa.(27/12/2022).

Muflihun menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar tidak melakukan konvoi kendaraan pada momen malam pergantian tahun," tegas Pj Wali Kota Pekanbaru.


Pemerintah Kota Pekanbaru juga melarang masyarakat untuk menyalakan petasan pada momen malam tahun baru 2023. Petasan bisa saja berpotensi ledakan, sehingga menyebabkan kebakaran.


Bila nanti terjadi kebakaran, bisa saja ada korban jiwa maupun kerugian materil," terangnya.


Imbauan terkait larangan menyalakan petasan tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Pekanbaru tentang Pedoman Pelaksanaan Perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023. Ada sejumlah poin tertuang dalam surat edaran itu.


Pj Wali Kota Pekanbaru mengingatkan masyarakat agar tetap mengikuti protokol kesehatan. Apalagi Kota Pekanbaru masih menjalani Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.


Pemerintah Kota Pekanbaru, juga menghimbau agar pelaku usaha jasa kepariwisataan, pusat perdagangan, mall dan hiburan memastikan seluruh karyawan maupun pengunjung mesti menerapkan protokol kesehatan. Ia juga mengajak masyarakat agar mengurangi aktivitas bepergian ke luar kota.


"Hal ini untuk melindungi diri dan keluarga dari penyebaran Covid-19, jika harus bepergian keluar kota dan meninggalkan rumah dalam kondisi aman," jelasnya.


Dalam surat edaran pemerintah kota mengajak masyarakat agar menciptakan dan mengedepankan sikap toleransi lingkungannya. Masyarakat pun bisa mengoptimalkan peran aktif siskamling yang ada di lingkungan tempat tinggal dan tempat ibadah.


Mereka bisa menjaga situasi lingkungan tetap kondusif. Adanya siskamling ikut mencegah timbulnya gangguan keamanan, ketentraman dan ketertiban.


Gubernur LSM "Lumbung Informasi Rakyat (LIRA)" Provinsi Riau, Boma Harmen.SE, sangat mendukung apa yang disampaikan oleh PJ Walikota Pekanbaru Muflihun tersebut. Supaya masyarakat kota Pekanbaru tidak melakukan konvoi konvoi  di Malam menyambut tahun baru 2023.


Boma juga menyampaikan, kita perlu mengetahui bahwa tiap tahun di malam menyambut tahun baru, banyak yang kita lihat atau kita dengar pada kecelakaan akhirnya meninggal dalam melakukan konvoi Tersebut.


Bagusnya di malam menyambut tahun baru, kita lakukan introspeksi diri dan memohon kepada Allah SWT supaya di tahun berikutnya kita bisa untuk memperbaiki kesalahan kesalahan di tahun sebelumnya, Ujar Boma yang juga Ketua Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia (PWMOI) Riau.

(A-R)