Jumat, 23 Desember 2022

Polres Metro Jakarta Timur fokus pengamanan di Gereja selama perayaan Natal

Jakarta Timur | Polres Metro Jakarta Timur fokus pengamanan di Gereja selama perayaan Natal demi kenyamanan dan keamanan umat Kristiani dalam beribadah.

"Seluruh pelaksanaan kegiatan Ibadah Natal 2022 di tiap-tiap Gereja akan menjadi fokus Polres Metro Jakarta Timur," kata Kapolres Kombes Pol Budi Sartono,   usai melakukan peninjauan dan pengecekan  gereja di wilayah Jakarta Timur.


Ia juga menjamin keamanan bagi masyarakat selama berlangsungnya perayaan Natal di wilayah Jakarta Timur.


Dalam kegiatan ini Kapolres didampingi Kabag Ops dan Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Timur.


"Pengamanan di Gereja dilakukan untuk memberikan pengamanan serta pelayanan yang terbaik agar kegiatan Ibadah Natal 2022 berjalan aman, damai dan sejuk," ujarnya.


Ia juga mengatakan, pelaksanaan pengamanan dan pelayanan Natal 2022, Polres Jakarta Timur akan terus bekerja sama dengan TNI serta pemerintah daerah setempat.


"Dengan membangun sinergitas yang baik dan didukung oleh semua pihak, kami yakin semua kegiatan ini berjalan dengan aman,” katanya.


Ia juga menyampaikan bahwa sejak Sabtu (24/12) sore, Kepolisian bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko)  Jakarta Timur meninjau gereja-gereja yang melakukan ibadah Malam Natal yang berada di wilayah Matraman dan Jatinegara.


"Peninjauan gereja itu, dalam rangka persiapan menyambut perayaan malam ibadah Natal," katanya menjelaskan.


Ia juga menjelaskan peninjauan tersebut dilakukan sebagai cek dan kontrol untuk memastikan kesiapan anggota dalam melakukan pengamanan selama perayaan Natal.


"Adapun gereja yang dilakukan peninjauan, yakni Gereja Kristen Protestan Oikoumene Halim." ujarnya.


Sebelum pelaksanaan Pengamanan dilakukan  sterlisasi yang bertujuan agar masyarakat   yang menjalankan ibadah maupun kegiatan keagamaan lainnya dapat memberi rasa aman dan pencegahan deteksi dini bila ada pihak yang akan berniat melakukan kejahatan bagi masyarakat yang menjalankan ibadahnya.


" Kapolres menuturkan bahwa setiap anggota agar tetap waspada dan bila ada yang mencurigakan dalam jalannya kegiatan akan dilakukan pemerkisaan barang bawaan dan segera diamankan jika diperlukan. " Ungkapnya.