Selasa, 13 Desember 2022

M..R Dt. Garang Resmi Menjadi Ketua KAN Nan Tujuah


 


Agam, Sumbar ........

Bertempat di Mesjid Tuo Nurul Hikmah Sipisang, Niniak Mamak Nan 100 Dikato Nagari Nan Tujuah mengadakan musyawarah untuk pemilihan ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nan Tujuah. Senin, 12/12.


Sebelumnya KAN Nan Tujuah ini di ketuai oleh Syafril, S.E Dt. Rajo Api periode 2016-2022.


Kerapatan Adat Nagari Nan Tujuah ini terdiri dari tiga Tapatan Adat, yaitunya Tapatan Adat Niniak Mamak Nan 40 Dikato Nan Limo, Tapatan Adat Niniak Mamak Nan 27 Dikato Sipisang dan Tapatan Adat Niniak Mamak Nan 36 Dikato Simauang.





Dalam musyawarah pemilihan ketua KAN ini, terpilih secara aklamasi M. Ridwan Datuak Garang sebagai ketua  KAN yang baru, yaitunya untuk periode 2022-2028, yang mana Dt. Garang ini adalah Niniak Mamak dari Tapatan Adat Niniak Mamak Nan 36 Dikato Simauang.


Sedangkan untuk wakil ketua adalah Niniak Mamak dari masing-masing Tapatan Adat. Yaitunya S. Dt. Bandaharo dari Niniak Mamak Nan 36 Dikato, A Dt. Palimo dari Niniak Mamak Nan 27 Dikato dan Z. Dt. Rangkay Basa dari Niniak Mamak Nan 40 Dikato.


Sedangkan sekretaris adalah MZ. Dt. Batuah, wakil sekretaris MF. Dt. Bandaro dan bendahara Sy Dt. Batuah Nan Tinggi. Sementara selaku Hakim Adat yaitunya Sy. Dt. Mangkudun dan D. Dt. Kayo.


Pengurus KAN yang baru ini dikukuhkan oleh Niniak Mamak yang dituakan / Tertua di Nagari Nan Tujuah yaitunya Syafril, S.E Dt. Rajo Api.


"Selamat atas terpilihnya pengurus KAN Nan Tujuah yang baru, dan dalam hal ini kita adakan regenasi demi untuk kemajuan nagari kita ini," ujar mantan ketua KAN yang juga legislator Agam dari Partai Demokrat ini, yang sering disapa Nyiak Api.


Dengan terpilihnya Pengurus KAN yang baru, diharapkan kedepan bisa meningkatkan peran Niniak Mamak dalam menjaga dan melestarikan Adat Salingka Nagari, membina anak kamanakan dan berperan aktif, slalu bersinergi denan Pemerintah dalam membangun Nagari, untuk mewujudkan kan kesejahteraan masyarakat Nagari, tutupnya.


Sementara MR. Dt Garang selaku ketua KAN yang baru menyatakan akan mengupayakan agar disetiap Kaum / suku membina kembali Rumah Gadang sebagai Simbol Masyarakat Minangkabau.


"Banyak kini di Nan Tujuah Rumah Gadang nan Ndak lagi terawat bahkan di abaikan begitu saja." Tutup Dt. Garang.

(iing chaiang)