Rabu, 28 Desember 2022

PELINTAS BATAS ILEGAL KETAR KETIR, BADAK HITAM PATROLI GABUNGAN DI PERBATASAN

Merauke | Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY melaksanakan kegiatan patroli gabungan bersama Tim CIQS PLBN Sota. (Rabu/28/12/22)

Dipimpin langsung oleh Pasi Ops Satgas Yonif 511/DY Lettu Inf Sena Nurjabbar berserta 9 orang lainnya, pelaksanaan kegiatan patroli gabungan di wilayah Distrik Sota. Adapun yang terlibat dari giat tersebut Serda Harno Babinsa Koramil 1707-16 (Sota), Serka Samad (Unit Intel Dim 1707-16), Aipda Aris Prasetya (Anggota Polsek), Bpk. Feri H Rerey (Kespel Wilker Sota), Bpk. Yusuf (Karantina Perikanan), Bpk. Khafidul (Karantina Pertanian), Ibu Clara Ndiken (Kasubag Umum Distrik Sota), Bpk. Charles H Urip (Ka Imigrasi Sota).


Kegiatan tersebut dilaksanakan karena masih ada masyarakat baik yang dari Indonesia maupun masyarakat yang dari PNG keluar masuk batas negara tidak melalui PLBN Sota hal ini biasanya mereka lakukan karena tidak memiliki visa, jadi mereka menggunakan jalur ilegal baik keluar maupun masuk perbatasan untuk berbelanja atau menjual hasil buruan dan hasil kebun.


Dalam patroli kali ini masih ada di temukan jalur ilegal yang sifatnya jalan setapak. Dari pihak CIQS PLBN Sota,TNI dan Polri selalu memberikan arahan dan penjelasan kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan yang ada. Karena pelintas batas tersebut menyangkut tentang Kedaulatan Negara dan patroli gabungan ini rutin dilaksanakan karena mengigat masih adanya pelintas batas yang masuk wilayah NKRI tanpa melalui PLBN Sota.