Kamis, 22 Desember 2022

Ratusan Liter Tetes Darah, Semarakkan Sambut HUT Yonif 511/DY Di Tapal Batas Indonesia

Merauke | Runtutan kemeriahan dari acara dalam rangka menyambut HUT Ke-77 Yonif 511/DY. Hari ini dipimpin langsung oleh Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P., bersama anggota Prajurit Yonif 511/DY menyerbu Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Merauke untuk melaksanakan Pendonoran Darah di *Kantor PMI Kabupaten Merauke.* Kamis (22/12/2022).

Dansatgas Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P., menjelaskan bahwa dalam rangkaian kegiatan Menyemarakkan Hari Ulang Tahun Yonif 511/DY akan diadakan tiga kegiatan. 


"Tahun ini, perayaan Hari Ulang Tahun Batalyon kami, karena kami sedang berada di Daerah Penugasan akan kami selenggarakan secara sederhana. Tiga kegiatan inti yang akan kami laksanakan, diantaranya Sunatan Massal dan pembagian sembako, Bhakti Sosial berupa Donor Darah, serta Tasyakuran. Semua itu kami laksanakan sebagai wujud dalam meningkatkan kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat dalam rangka menyambut HUT Ke-77 Yonif 511/DY yang akan diperingati pada tanggal 28 Desember 2022 mendatang," jelas Dansatgas Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P.


Terkait khitanan massal dan pembagian sembako telah dilaksanakan kemarin di kampung Sipias, Rabu (21/12/2022).  Dan hari ini dilanjutkan kegiatan Bhakti Sosial berupa Pendonoran Darah oleh prajurit dan masyarakat kampung binaan Pos. 


Adapun dari salah satu peserta donor darah yang merupakan masyarakat binaan Pos Kotis Satgas Yonif 511/DY, Bapak Simon Ndimar (37) mengatakan bahwa sebagai salah satu warga binaan dari Pos Kotis, merasa senang karena diikutsertakan untuk kegiatan semarak HUT Yonif 511/DY ini. 


"Saya merasa senang dan sangat bersemangat untuk kegiatan ini. Saya senang dengan keberadaan dari om om TNI dari Batalyon 511, dengan itu saya ingin ikut merayakan HUT dari Batalyon om om 511, dan saya dengan senang hati untuk ikut kegiatan donor darah ini," tutur Bapak Simon Ndimar. 


Bapak Simon juga menambahkan, kegiatan ini disambut dengan begitu antusias oleh warga kampung binaan Pos. Dan jumlah warga binaan yang ikut dalam kegiatan Donor Darah ini hampir mencapai 100 orang. 


Sementara itu, Kepala Unit Kantor PMI Kabupaten Merauke atas nama Dr. Siti Jumiati, Sp,PK., (38) menuturkan bahwa kali ini Kantor PMI Kabupaten dihadiri oleh banyak peserta pendonor, baik itu pihak warga sipil ataupun dari TNI sendiri. 


"Semenjak saya bergabung di PMI Kabupaten Merauke ini, baru kali ini saya menemui ada event yang diikuti selain oleh Petugas, ada juga masyarakat yang diajak. Jumlahnya juga banyak, sehingga sampai kami kewalahan untuk melakukan proses transfusi darah tadi. Harapan saya, dengan terselenggaranya kegiatan ini, semoga menjadi amal dan berkat bagi pendonor maupun penerima darah ini kelak nanti. Dan semoga Yonif 511 terus berjaya dan berkarya seperti ini terus, Amin," tutur Dr. Siti Jumiati, Sp,PK.


Mengakhiri kegiatan, Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY juga menuturkan bahwa Satgas Yonif 511/DY akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang ada di perbatasan Papua ini dalam bentuk apapun, kapanpun dan dimanapun karena kami selalu siap dan sigap dalam membantu masyarakat.