Kamis, 19 Januari 2023

Lantamal XI Laksanakan Latihan Fungsional Kesehatan TA. 2022

TNI AL, Lantamal XI, 19 Januari 2023 |  Dalam rangka meningkatkan kemampuan serta profesionalisme guna melaksanakan dukungan kesehatan baik saat operasi maupun latihan, Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal XI Merauke menyelenggarakan Latihan Fungsional Kesehatan (Latfungkes) II berupa Evakuasi medis Laut dan Peran Kebakaran, bertempat di Mako Lantamal XI, Kamis (19/01).


Kegiatan Latihan Fungsional Kesehatan II Evakuasi medis Laut dan Peran Kebakaran ini diselenggarakan dari tanggal 17 hingga 19 Januari dan diikuti 31 peserta terdiri dari 18 personel Lantamal XI , 3 Personil SAR Kab. Merauke dan 10 Personil Damkar Kab. Merauke.


Metode pembelajaran yang disampaikan dalam latkes tingkat II meliputi pembelajaran teori dan pembelajaran praktek lapangan. Dimana materi difokuskan pada pertolongan darurat lapangan meliputi penanganan korban Kebakaran, korban dengan cedera dan nyaris tenggelam, serta Basic Life Support serta evakuasi medis darat dan laut.


Sedangkan dalam Materi Evakuasi Medis laut dijelaskan bahwa urutan Pertolongan di air meliputi Reach, Throw, Row, Go, dan Tow/ Carry.


Danlantamal XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H ditempat terpisah menyampaikan “Latfungkes ini merupakan latihan yang bersifat terencana, berlanjut dan berkelanjutan serta bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan perorangan bagi personel, untuk mendukung kegiatan dan tugas operasional Lantamal XI.” Pungkas Danlantamal XI.


Dalam latihan tersebut Kadiskes Lantamal XI Merauke Letkol Laut (K) Unsyura D. Budaya, S.Si., Apt., M. Farm menyampaikan, dengan Latihan Fungsional Kesehatan Tingkat II ini, para personel Lantamal XI Merauke terutama personil Diskes Lantamal XI Merauke dapat meningkatkan kecepatan, ketepatan dan kemampuannya dalam melakukan pertolongan pertama pada korban,  sehingga  tugas pokok TNI yaitu OMSP (Operasi Militer Selain Perang) berupa dukungan kesehatan pada operasi dan latihan TNI Angkatan Laut dapat optimal dilaksanakan. (Dispen Lantamal XI).